10 Cara Menghemat Baterai Ponsel



10 Cara Menghemat Baterai Ponsel [ www.BlogApaAja.com ]

Beberapa pasti pernah mengeluh karena baterai ponsel barunya ternyata tidak setangguh ponsel lama miliknya. Padahal ponsel miliknya tergolong ponsel merek terkenal. Saya agak sedikit heran, berbagai alternatif berkecamuk dalam benak saya. Apa memang mutu baterainya yang buruk atau mungkin ada kesalahan dalam cara mengecas?

Setelah saya melakukan tanya jawab sejenak, kini terjawablah sudah masalah baterai ngedrop teman saya tersebut. Ternyata beliau mengecas baterai ponselnya sering kurang maksimal waktunya. Jika disyaratkan baterai ponsel baru waktu mengecasnya minimal 8 jam, ternyata beliau hanya 5 jam. " Habis saya terburu-buru, karena ada acara penting sih,"katanya. Lalu ponsel miliknya saya teliti ternyata nada deringnya maksimal artinya settingan nada dering yang paling keras. " Kalau ada panggilan dari teman biar cepat ketahuan," katanya.

Sahabat, apa yang sudah dilakukan teman saya tadi tentu sah-sah saja. Artinya tidak akan ada yang melarangnya. Hanya saja tindakan teman saya tadi tentu akan membawa konsekuensi. Dalam hal ini berakibat kinerja baterai ponselnya kurang maksimal alias sering ngedrop.

Nah, sahabat. Dari pengalaman saya, ada beberapa cara mudah untuk menghemat baterai baterai ponsel kita. Selain menghemat daya baterai, tentu saja juga membuat awet performa baterai. Dalam hal ini bukan hanya cara mengecas yang benar saja. Berikut 10 cara menghemat baterai ponsel.
  1. Selalu mengecas baterai ponsel jika indikator baterai habis tetapi belum habis benar atau kurang dari 30 %. Hindari mengecas baterai ponsel dalam keadaan indikator baterai ponsel masih 50% atau lebih. Selain pemborosan justru malah akan merusak performa baterai.
  2. Pastikan jika mengecas baterai, ponsel dalam keadaan off/padam. Selain cepat full daya, juga demi keamanan ponsel itu sendiri.
  3. Hindari waktu mengecas baterai ponsel secara berlebihan, semalaman barangkali. Hal ini bukan membuat baterai tahan lama malah justru merusak performa baterai. Bisa-bisa baterai ponsel "melendung" atau bahkan bisa fatal, meledak!
  4. Hindari menggunakan tampilan wallpaper flash atau animasi bergerak. Hindari pula menggunakan tampilan wallpaper berukuran besar/beresolusi besar.
  5. Kurangi derajat terang (brightness) pada tampilan layar ponsel.
  6. Pergunakanlah ringtones yang tidak terlalu keras dan tidak terlalu panjang durasinya.
  7. Nonaktifkan tone-tone yang tidak perlu seperti bunyi keypad, kamera, flip folder saat dibuka, dsb.
  8. Pergunakan aplikasi ponsel yang sesuai kebutuhan, jangan ragu menghapus/membuangnya jika memang tidak begitu memerlukannya.
  9. Pastikan selalu menonaktifkan bluetooth, infrared atau wifi setelah selesai dipergunakan.
  10. Bagi para pengguna hp modem saat beronline ria baterai ponsel akan mengalami panas berlebihan. Solusi untuk mendinginkan baterai agar lebih awet stabil kinerjanya ialah dengan melepas/membuka casing ponsel bagian penutup baterai. Boleh juga sambil diberi hembusan kipas angin kecil.

Demikianlah 10 kiat menghemat baterai ponsel. Kesepuluh kiat menghemat baterai ponsel tersebut tidaklah bersifat harus, karena jika ternyata kesepuluh cara tadi ternyata membuat Anda malah menjadi kurang nyaman dalam berponsel ria maka saya sarankan pergunakan ponsel Anda secara bijaksana.

Nah, apabila ke-10 cara tadi sudah ditempuh tetapi ternyata baterai ponsel kita tetap saja ngedrop dan tidak awet, lalu bagaimana? Itu berarti Anda perlu mencari batere baru sebagai penggantinya.

Mudah-mudahan postingan ini dapat sedikit menambah wawasan dan pembelajaran kita tentang bagaimana menghemat baterai ponsel. Baterai ponsel awet dan tahan lama, maka komunikasi dan silaturahmi akan jalan terus tiada terputus!


Follow On Twitter