Inilah Penyebab Kentut Menjadi Bau



Inilah Penyebab Kentut Menjadi Bau [ www.BlogApaAja.com ]

Kentut merupakan reaksi tubuh yang normal,tetapi bisa sangat memalukan bila terjadi terlalu sering dan berbau. Beberapamakanan bisa membuat kentut Anda makin bau. Apa saja?



Kebanyakan orang akan buang gas alias kentutsekitar 12 kali setiap hari. Tetapi makanan yang Anda makan dapat menyebabkankentut lebih sering dan sering lebih berbau busuk, seperti dilansir Mayo Clinic:

Berikut beberapa makanan yang membuat gasperut Anda makin berbau, seperti dilansir Livestrong:

1. Kacang-kacangan



Tidak sedikit makanan yang menggunakan bahankacang-kacangan, penyebab utama kentut berbau busuk. Kacang-kacangan biasanyamenyebabkan kentut menjadi lebih sering dan gelembung gas yang membuat perutkembung. Karena makanan bergerak melalui usus halus, kacang mulai difermentasidan dicerna menyebabkan gas yang dikeluarkan dengan bau busuk. Kandungan seratyang tinggi pada kacang-kacangan juga berkontribusi pada bau kentut.

2. Cabai



Selain kacang-kacangan, cabai dan rempah yangmemberikan sensasi pedas juga dapat membuat gas perut berbau busuk.

3. Brokoli



Brokoli adalah salah satu pelaku utama yangmenyebabkan perut kembung dan kentut berbau busuk. Mayo Clinic mencatat bahwasayuran yang tinggi serat, seperti brokoli, dapat menyebabkan gas perut cukupbau. Brokoli bisa sulit dicerna oleh tubuh, sehingga makanan lama di usus danmulai menciptakan kelebihan gas.

4. Daging sapi



Daging sapi dapat menyebabkan gas perut lebihberbau dari daging lainnya, karena daging ini mengandung enzim yang dapatmenimbulkan bau busuk. Daging sapu juga bergerak cukup lambat dalam sistempencernaan, karena tidak mengandung serat, yang memungkinkannya tinggal di ususdalam jangka waktu yang lama, yang menyebabkan kentut berbau lebih busuk.


Follow On Twitter