5 Macam Sistem Identifikasi Manusia



Manusia diciptakan berbeda-beda oleh Tuhan. Tidak ada yang sama, bahkan yg kembar sekalipun. Oleh karena itu, untuk mengidentifikasi seseorang diperlukan suatu metode yang disebut Biometrik.

Biometrik terdiri dari metode unik untuk mengenali manusia berdasarkan satu atau lebih ciri-ciri fisik atau perilaku intrinsik. Dalam ilmu komputer, pada khususnya, biometrics digunakan sebagai bentuk manajemen identitas akses dan kontrol akses.
Ada berbagai jenis sistem biometrika yang sekarang tersedia.

1. Pengenalan Sidik Jari

5 Macam Sistem Identifikasi Manusia [ www.BlogApaAja.com ]

Sistem itu meliputi sebuah perangkat keras pemindai (scanner) dan perangkat lunak. Peranti itu merekam karakteristik sidik jari yang spesifik, menyimpan data setiap pengguna ke sebuah template. Ketika pengguna mencoba lagi menguatkan akses, perangkat lunak membandingkan data yang tersimpan di template dan pembacaan sidik jari dari pemindai. Sistem sidik jari sangat akurat, tetapi dapat dipengaruhi perubahan pada sidik jari. Misalnya, terbakar, bekas luka, kotoran.

2. Pengenalan Wajah
5 Macam Sistem Identifikasi Manusia [ www.BlogApaAja.com ]
Pengenalan bentuk dan posisi dari ciri wajah seseorang adalah tugas yang kompleks. Mula-mula sebuah kamera menangkap gambar sebuah wajah, kemudian peranti lunak memilah-milah pola informasi dan selanjutnya membandingkan dengan template user.

3. Pengenalan Retina atau Iris
5 Macam Sistem Identifikasi Manusia [ www.BlogApaAja.com ]
Mungkin dari semua itu yang paling aman adalah retina dan lapisan-lapisan pembuluh di belakang mata. Gambar retina sulit ditangkap dan selama pendataan, pengguna harus memusatkan pandangan ke sebuah titik serta mempertahankannya. Jadi kamera dapat menangkap gambar dengan baik. Penentuan pada pola pembuluh darah. Namun ketika pola itu unik pada setiap orang, identifikasi menjadi lebih kaurat. Sistem yang berdasar dua bagian mata, yakni iris dan retina, dipertimbangkan untuk menawarkan tingkat keamanan terbaik.

4. Geometri Lengan
5 Macam Sistem Identifikasi Manusia [ www.BlogApaAja.com ]
Dengan sistem itu, pengguna meluruskan lengan menurut petunjuk tanda pada perangkat keras pembaca lengan (reader), menangkap gambar tiga dimensi dari jari-jari dan tulang, kemudian menyimpan data di sebuah template. Geometri lengan telah digunakan beberapa tahun dan dimanfaatkan untuk sistem keamanan pada Olimpiade 1996.

5. Geometri Jari
5 Macam Sistem Identifikasi Manusia [ www.BlogApaAja.com ]
Peralatan itu sama untuk sistem-sistem geometri. Pengguna menempatkan satu atau dua jari di bawah sebuah kamera yang menangkap bentuk dan panjang wilayah jari serta tulang-tulangnya. Sistem menangkap gambar tiga dimensi dan mencocokkan data dengan template yang disimpan untuk menentukan identitas.

Demikianlah 5 jenis sistem identifikasi pada manusia, sebenarnya masih banyak lagi sistem biometri yg belum kita ulas, contohnya : susunan gigi, tanda tangan, suara, bau badan, DNA, dll.
Baca terus Catatan Harri Pranata...

Follow On Twitter