Sejarah Transgender Dunia, Dari Masa Ke Masa



Transgender adalah istilah yang digunakan untuk mendeskripsikan orang yang melakukan, merasa, berpikir atau terlihat berbeda dari jenis kelamin yang ditetapkan saat mereka lahir. "Transgender" tidak menunjukkan bentuk spesifik apapun dari orientasi seksual orangnya. Orang-orang transgender dapat saja mengidentifikasikan dirinya sebagai heteroseksual, homoseksual, biseksual, panseksual, poliseksual, atau aseksual. Definisi yang tepat untuk transgender tetap mengalir, namun mencakup:

"Tentang, berkaitan dengan, atau menetapkan seseorang yang identitasnya tidak sesuai dengan pengertian yang konvensional tentang gender laki-laki atau perempuan, melainkan menggabungkan atau bergerak di antara keduanya."

"Orang yang ditetapkan gendernya, biasanya pada saat kelahirannya dan didasarkan pada alat kelaminnya, tetapi yang merasa bahwa deksripsi ini salah atau tidak sempurna bagi dirinya."

"Non-identifikasi dengan, atau non-representasi sebagai, gender yang diberikan kepada dirinya pada saat kelahirannya."

Gambar di kanan contohnya, adalah orang yang berpakaian sebagai wanita, tetapi ia menunjukan tanda pada tangannya bahwa ia memiliki kromosom XY. Hal ini berarti ia terlahir sebagai pria.

Istilah ini transgender (TG) dipopulerkan pada tahun 1970 (tapi tersirat pada tahun 1960 ) menggambarkan orang-orang yang ingin hidup cross-gender tanpa operasi pergantian seks Pada tahun 1980-an. istilah ini diperluas untuk istilah payung, dan menjadi populer sebagai sarana menyatukan semua identitas gender mereka yang tidak cocok dengan jenis kelamin mereka ditugaskan saat lahir.

Pada 1990-an, istilah itu pada dimensi politik sebagai sebuah aliansi yang mencakup semua yang telah di beberapa titik tidak sesuai dengan norma-norma gender, dan istilah menjadi digunakan untuk mempertanyakan keabsahan norma-norma atau mengejar sama hak dan undang-undang anti-diskriminasi, menuju penggunaan secara luas di media, dunia akademis dan hukum. Istilah ini terus berkembang.

Time Line Transgender dunia :

Zaman Prasejarah

Firaun Hatshepsut yang memerintah Mesir selama dua dekade (1479-1458 SM) membuat peraturan agar para pematung membuat patung perempuan menggunakan wajah dirinya.
Galli (nama kuno untuk kasim di Asia Kecil) adalah pengikut Cybele di Frigia mengebiri dirinya sendiri demi menjaga kesetiaannya.

203 SM

Galli pertama tiba di Roma ketika Senat resmi diadopsi sebagai dewi Cybele negara di 203 SM. Sampai abad pertama Masehi, warga negara Romawi dilarang menjadi Galli. Baru ketika di bawah Claudius, larangan ini dicabut. (galli adalah istilah pertama untuk maho/banci/waria)

1421 M

Para kasim cina dibawa oleh laksama zheng untuk menavigasi peta seluruh dunia mulai dari Amerika hingga Australia,kemudian peta ini ditemukan oleh portugis beberapa tahun kemudian.

Spoilerfor Kasim:



1577 M

Raja Henry III dari Perancis sering berpakaian sebagai seorang wanita yang dia anggap sebagai simbol keagungan nya.

1654 M

Ratu Christina dari Swedia (sering dianggap biseksual) yang kemudian turun dari tahtanya, dan mengenakan pakaian laki-laki dan berganti nama menjadi Count Dohna.

1673 M

Penjelajah Perancis Louis Joliet dan Jacques Marquette bertemu dengan suku indian yang para prianya berpakaian seperti wanita. Mereka menyebut dirinya suku "Ikoneta" sedangkan Perancis menyebut mereka sebagai "berdache."

1676 M

MTF transeksual Abbe Francois Timoleon de Choisy dihadiri bola perdana Paus dalam pakaian perempuan. Memoir-Nya, diterbitkan postmortem, menawarkan kesaksian tertulis pertama lintas-dressing.

1700 M

Rumah Molly didirikan, adalah sebuah rumah yang memfasilitasi komunitas gay untuk bertemu dan berpesta satu sama lain. Ini adalah yang pertama didunia (sungguh menjijikan)

1728 M

Chevalier D"Eon, lahir Charles d"Eon, adalah seorang mata-mata Perancis terkenal / duta besar yang lahir sebagai laki-laki tapi menjalankan hidupnya layaknya seorang perembuan
Spoilerfor Chevalier D"Eon:



1750 M

Waria pertama dalam sejarah yang bergabung dengan angkatan Laut USA,, dia adalah Alice Snell AKA James Gray

1804 M

Amandine-Aurore-Lucile Dupin seorang wanita perancis, yang kemudian mendeklarasikan dirinya sebagai seorang pria yang bernama George Sand dan kemudian dia hidup berpindah - pindah dan menjalankan kehidupannya layaknya seorang pria.

1841 M

Lunatic House,sebuah komunitas Lesbi pertama di dunia berdiri di wales.

1850 M

Komunitas "woman chief" ditemukan oleh para pelancong di daerah Wyoming dan Montana. Mereka adalah sekumpulan wanita yang menikah dengan sesama wanita, bahkan ada beberapa yang berpoligami (gila)

1861 M

Franklin Thompson, lahir sebagai Sarah Emma Edmonds, berjuang untuk Angkatan Darat Union dalam Perang Saudara. Selama perang, Franklin menjabat sebagai perawat, mata-mata, pengiriman pembawa dan kemudian satu-satunya wanita terhimpun ke dalam Tentara Grand Republik.

1897 M

Henry Havelock Ellis dari Masyarakat Fabian, seorang pendukung pembebasan seksual. Minatnya dalam biologi manusia dan pengalamannya sendiri pribadi, menyebabkan Havelock Ellis untuk menulis enam buku tentang Psikologi Sex. Buku-buku, yang diterbitkan antara 1897 dan 1910 menimbulkan kontroversi yang luar biasa dan dilarang selama beberapa tahun. Buku-buku lain yang ditulis oleh Havelock Ellis termasuk Roh Baru (1890), Manusia dan Perempuan (1894) Seksual Inversion (1897) dan The Erotic Hak Perempuan (1918). Havelock Ellis Henry meninggal pada tahun 1939. Autobiografi-Nya, My Life diterbitkan secara anumerta pada tahun 1940.

1898 M

Magnus Hirschfeld mendirikan komunitas gay pertama di jerman
Spoilerfor Magnus Hirschfeld:



1907 M

Magnus hirschfeld menikah dengan harry benyamin

1914 M

Perang Dunia Pertama (1914-1918) Waria banyak digunakan sebagai mata - mata oleh jerman.

1917 M

Psikiater Austria Julius Wagner-Jauregg von menjadi psikiater pertama yang memenangkan hadiah Nobel (1927). Julius sangat aktif dalam mempelajari psikologis para transgender

1919 M

Magnus Hirschfeld, yang menjadi salah satu pendiri lembaga seksologi di jerman,, ketika ia membuka lembaga sexological pertama di dunia, Institute for Science Seksual di Berlin. lembaga ini kemudian ditutup oleh Nazi.

| |

Follow On Twitter