10 Fakta Unik Dan Menarik Tentang Parfum




Kehidupan kaum metropolitan memang sangat identik dengan parfum. Pasalnya, wewangian itu bisa membuat tampilan pemakainya lebih percaya diri.Nah, di balik aroma wangi yang ditaburkan, parfum memiliki beberapa fakta terbilang unik dan menarik. Apa saja?

1. Sumbangsih Arab Saudi
Ilmuwan Arab, Al-Kindi (Alkindus), ternyata sudah menulis buku tentang parfum dan distilasi sejak abad IX. Di antara tulisannya itu terdapat 107 cara dan resep membuat parfum serta alat-alat pembuatnya.

2. Awalnya digunakan untuk penangkal bau badan
Seni membuat parfum ini telah menyebar ke Eropa sejak abad XIV. Wah di sana perparfuman berkembang pesat. Salah satu penyebabnya adalah mereka zaman dulu malas mandi, maka untuk menyamarkan bau badan, mereka menggunankan parfum.

3. Parfum tertua
Parfum tertua ditemukan para arkeolog di Cyprus. Parfum berusia lebih dari 4.000 tahun ini diekstrak dari lavender, bay, rosemary, cemara atau ketumbar. Dikemas dalam botol mungil bening dari batu pualam putih.

4. Kota terwangi di dunia
Kota Grasse di Perancis sering dijuluki sebagai ibukota wewangian dunia. Industri parfum di kota ini telah berkembang sejak abad XVI. Hingga sekarang ratusan pabrik wewangian masih berdiri di sana. Di kota ini juga terdapat Museum Parfum Internasional.

5. Museum parfum di dunia
Di Pasao de gracia 39 terdapat museum parfum yang resmi di buka tahun 1961 dan menampilkan koleksi parfum dari berbagai negara.Parfum tertua ditemukan para arkeolog di Cyprus. Parfum berusia lebih dari 4.000 tahun ini diekstrak dari lavender, bay, rosemary, cemara atau ketumbar. Dikemas dalam botol mungil bening dari batu pualam putih

6. Parfum termahal
Kita harus membayar US$2.350 untuk mendapatkan 30 ml parfum Clive Christian No. 1 dari Inggris, Guinness World Records mencatatnya sebagai parfum termahal di dunia.Karena botolnya yang terbuat darikKristal murni yang dilapisi emas 18 karat. Sementara pada leher botol terdapat berlian putih lima karat. Di dunia hanya terdapat 10 botol parfum ini.

7. Parfum eksis hingga kini
Parfum Chanel No. 5 diluncurkan pertama kali pada Mei 1921. Namun parfum dari Gabrielle Coco Chanel, Paris masih diproduksi hingga saat ini. Pembuatnya mengklaim bahwa setiap 30 detik terjual satu botol parfum merk ini.

8. Parfum termewah
Pada ajang FiFi Awards 2009 (ajang penghargaan di dunia wewangian), gelar parfume wanita paling mewah diberikan kepada parfum Harajuku Lovers Fragnances.

9. Banyaknya peminat parfum
Pada awal juni 2009, warga Kuwait bernama Adel Al-Sadoun mendaftarkan koleksi botol parfumnya ke Guinness World Record. Dengan koleksi lebih dari 5.000 botol, ia ingin dicatat sebagai kolektor botol parfum terbanyak di dunia.

10. Keharuman berbahaya
Sebuah penelitian yang dilakukan Michelle Schoffron Cook mendapati ada lebih dari 500 bahan kimia berbahaya yang menjadi bahan dasar Parfum Z.

Follow On Twitter