8 Energi Alternatif Pengganti Minyak Bumi



8 Energi Alternatif Pengganti Minyak Bumi [ www.BlogApaAja.com ]Christian Raphael/Fotokita.net energi alternatif mulai populer di seluruh dunia, menggangtikan energi fosil yang perlahan-lahan mulai habis. Berdasarkan kebijakan Amerika Serikat tentang energi, ada delapan energi alternatif yang berpotensi untuk menggantikan peran minyak dangas.

1. Ethanol

Merupakan bahan bakar yang berbasis alkohol dari fermentasitanaman, seperti jagung dan gandum. Bahan bakar ini dapat dicampurdengan bensin untuk meningkatkan kadar oktan dan kualitas emisi.Namun, ethanol memiliki dampak negatif terhadap harga pangan danketersediannya.

2. Gas Alam

Gas alam sudah banyak digunakan di berbagai negara yang biasanya untukbidang properti dan bisnis. Jika digunakan untuk kendaraan, emisi yangdikeluarkan akan lebih ramah lingkungan dibandingkan dengan minyak.

Akan tetapi, efek rumah kaca yang dihasilkannya 21 kali lebih buruk.

3. Listrik

Listrik dapat digunakan sebagai bahan bakar transportasi, sepertibaterai. Tenaga listrik dapat diisi ulang dan disimpan dalam baterai.Bahan bakar ini menghasilkan tenaga tanpa ada pembakaran ataupunpolusi, namun sebagian dari tenaga ini masih tercipta dari batubara dan meninggalkan gas karbon.

4. Hidrogen

Hidrogen dapat dicampur dengan gas alam dan menciptakan bahan bakaruntuk kendaraan. Hidrogen juga digunakan pada kendaraan yangmenggunakan listrik sebagai bahan bakarnya. Walaupun begitu, hargauntuk penggunaan hidrogen masih relatif mahal.

5. Propana

Propana atau yang biasa dikenal dengan LPG merupakan produk daripengolahan gas alam dan minyak mentah. tenaga ini sudah banyakdigunakan sebagai bahan bakar. Propana menghasilkan emisi lebihsedikit dibandingkan bensin, namun penciptaan metananya lebih buruk 21kali lipat.

6. Biodiesel

Biodiesel merupakan energi yang berasal dari tumbuhan atau lemakbinatang. Mesin kendaraan dapat menggunakan biodiesel yang masihmurni, maupun biodiesel yang telah dicampur dengan minyak. Biodieselmengurangi polusi yang ada, akan tetapi terbatasnya produk dan infrastruktur menjadi masalah pada energi ini.

7. Methanol

Methanol yang juga dikenal sebagai alkohol kayu dapat menjadi energialternatif pada kendaraan. Methanol dapat menjadi energi alternatifyang penting di masa depan karena hidrogen yang dihasilkan dapatmenjadi energi juga. Namun, sekarang ini produsen kendaraan tidak lagi menggunakan methanol sebagai bahan bakar.

8. P-Series

P-series merupakan gabungan dari ethanol, gas alam, danmetyhltetrahydrofuran (MeTHF). P-series sangat efektif dan efisienkarena oktan yang terkandung cukup tinggi. Penggunaannya pun sangatmudah jika ingin dicampurkan tanpa ada proses dengan teknologi lain.Akan tetapi, hingga sekarang belum ada produsen kendaraan yangmenciptakan kendaraan dengan bahan bakar fleksibel.

(clentechnica)


Follow On Twitter