5 Hal Yang Perlu Diperhatikan Saat Ingin Membeli Berlian



5 Hal Yang Perlu Diperhatikan Saat Ingin Membeli Berlian [ www.BlogApaAja.com ]

Berlian merupakan salah satu aksesori mewahyang banyak diminati oleh wanita. Selain sebagai simbol kemewahan, berlian jugamerupakan simbol keanggunan, keindahan dan cinta. Tak heran jika berlian sangatdidambakan para wanita.



Jika berniat untuk membeli berlian, adabeberapa tips yang perlu diperhatikan terlebih dahulu. Harga berlian yangditawarkan luar biasa mahal membuat Anda perlu mempertimbangkan beberapa halsebelum membelinya. Seperti dikutip How To Do Things, berikut pedoman yang akanmembantu Anda untuk membeli berlian.

1. Tahu Segala Sesuatu Tentang Berlian

Hal pertama yang perlu dilakukan sebelum membeliberlian adalah mengetahui terlebih dahulu segala sesuatu tentang berliantersebut. Anda harus mengambil waktu untuk mengevaluasi dan mempelajariberbagai faktor yang perlu dipertimbangkan ketika ingin membeli berlian. JikaAnda tidak tahu apa-apa tentang berlian, cobalah mengunjungi toko perhiasan danmeminta penjelasan penjaga toko tentang hal-hal yang perlu Anda ketahui tentangberlian.

2. Perhatikan Berat Karat, Warna danSertifikat

Ketika ingin membeli berlian, perhatikanpotongan berlian tersebut, berat karat, warna, kejernihan dan sertifikatnya.Nilai berlian akan tergantung pada potongan berlian itu sendiri. Kejernihanpada berlian juga merupakan pertimbangan penting ketika ingin membeli berlian.Sebuah berlian yang mewah harus jelas detailnya. Pastikan Anda juga memeriksakelemahan berlian tersebut.

Selain itu, Anda juga harus memastikan untukmembeli berlian tak berwarna. Selain natural dan klasik, kebanyakan orangmenginginkan berlian tak berwarna. Hal yang utama lainnya untuk memutuskanmembeli berlian yaitu berat atau karatnya.

Sertifikat berlian juga penting untukdiperhatikan karena sertifikat merupakan analisis lengkap dari berlian itusendiri. Pastikan berlian yang ingin Anda beli memiliki sertifikat yangdikeluarkan oleh Gemological Institute of America (GIA) untuk membuktikankeasliannya. GIA merupakan badan sertifikasi non-profit sehingga penilaian yangdiberikan sangat objektif.

3. Carilah Berlian di Toko yang Tepat

Pastikan Anda mengetahui apakah toko berlianyang dikunjungi bergabung dengan industri toko emas atau asosiasi-asosiasiprofesional yang terkait dengan barang-barang perhiasan. Toko berlian yangtepat dan bisa diandalkan, akan menjelaskan secara detail mengenai potonganberlian, berat karat, sertifikat dan sebagainya. Si penjual juga dapat membantuuntuk membandingkan harga-harga berlian sebelum Anda membelinya.

4. Periksa Laporan Rapaport Diamond

Sebelum memutuskan untuk membeli berlian,sebaiknya Anda memeriksa laporan Rapaport Diamond terlebih dahulu. Laporan inimerupakan utama harga berlian dan informasi pasar yang berbeda tentangindustri berlian. Laporan ini juga akan membantu Anda membandingkan harga danmengetahui informasi penting tentang update terbaru di industri berlian.

5. Membeli bersama Orang terpercaya

Cara terbaik untuk membeli berlian yaitudatang ke toko berlian dengan membawa teman atau orang terpercaya yang tahu danmengerti tentang berlian.


Follow On Twitter