Tips Menghindari Binatang Buas Di Gunung



Tips Menghindari Binatang Buas Di Gunung [ www.BlogApaAja.com ]

Bertemu dengan beragam hewan liar saat mendaki gunung kadang tidak bisa dihindari.Agar terhindar dari binatang liar yang berbahaya ini, sebaiknyaikuti 6 tips berikut.



Mendaki gunung atau menyusuri hutan jadi caratraveling favorit para petualang. Memutuskan naik gunung, sama saja denganbermain di habitat asli berbagai hewan liar yang tak jarang berbahayadan beracun.

Disusun detikTravel, berikut 6 cara agarterhindar dari binatang buas saat naik gunung:

1. Jauhi hewan yang sedang bersama anaknya



Semua hewan liar umumnya akan menghindarimanusia, kecuali jika merasa terpojok atau terancam. Salah satu hal yang bisamembuat hewan liar menyerang adalah ketika ia bersama anaknya. Nalurimelindungi anak pada hewan begitu tinggi, begitu ia melihat ada manusia yangbisa mengganggu anaknya, secara alami ia akan lebih agresif untuk melindungianaknya.

2. Hindari mendaki pada malam hari



Kebanyakan hewan buas, seperti macan,aktif pada malam hari atau nokturnal.Salah satu cara agar terhindar dari ancaman hewan buas adalah mendakipada pagi atau siang hari. Hentikan segala aktivitas pada malam hari, agarrisiko berjumpa hewan buas sangat kecil.

3. Jangan panik saat bertemu ular



Sebagian besar ular yang ada di Indonesiatidak berbisa. Kemungkinan untuk bertemu ular berbisa pun hanya 6-8% saja.Jadi, jangan terlalu takut saat bertemu ular. Kalaupun Anda melihat ular secaratidak sengaja saat menjelajah hutan atau gunung, jangan langsung panik. Cukupdiam di tempat, tenangkan diri dan perhatikan kulit ular. Ular yang berbisaumumnya memiliki kulit mengkilap. Jangan ganggu ular dengan lemparan batu atausuara ribut. Suasana sekitar yang tenang membuat ular merasa aman, sehinggatidak menyerang.

4. Gunakan pakaian lengkap, jangan terlaluterbuka



Penting sekali memerhatikan pakaian saatmendaki gunung. Gunakan sepatu boot, celana dan baju lengan panjang. Janganlupa juga untuk mengenakan topi. Sepatu boot bisa menghindari Anda dari gigitanhewan buas yang berada di tanah.

Begitu juga dengan celana dan baju lenganpanjang, ini bisa menghindari Anda dari pacet atau lintah yang banyak ditemukandi gunung atau hutan. Topi melindungi kepala Anda dari kejatuhan hewanberbahaya yang mungkin saja jatuh dari atas pohon.

5. Jangan gunakan parfum atau sabun



Parfum atau sabun umumnya menghasilkan aromasegar yang bisa mengundang serangga, seperti lebah dan tawon. Tidak menggunakanparfum atau sabun sebelum mendaki bisa menghindari Anda dari sengatan lebah.

6. Jangan duduk di pohon tumbang atau batubesar



Ketika lelah, sebaiknya jangan duduk di pohontumbang atau batu besar, kecuali sudah diperiksa terlebih dahulu. Ular ataukalajengking umumnya senang bersembunyi di sela-sela batu dan kayu. Denganberhati-hati saat istirahat, Anda telah menghindar dari ancaman hewan buas.


Follow On Twitter