Ternyata Inilah Penyebab Tangki Motor Honda Sering Bocor..!!!



Solusi Tanki Bensin Honda Tiger, Mega Pro atau yang Lainnya Bocor karena Keropos.[/B]

Banyak Pengguna Honda Tiger mengeluhkan keadaan tanki motornya yang sering keropos dan bocor. Walaupun sudah ditambal dengan cara di-las, tetap masih bocor. Sebenarnya itu adalah misteri yang mudah diungkap.
Tanki Honda Tiger sekarang memang kualitasnya menurun, dan kurang berkualitas untuk kategori "Genuine Parts". Keropos yang terjadi di tanki Honda Tiger itu terjadi karena ulah air yang masuk kedalam tangki. "Lho kok, knp bisa??" mungkin itulah pertanyaan anda.

Sebenarnya banyak penyebabnya. Pertama, tutup tanki yang berada di atas tangki dan memiliki kualitas karet seal yang kurang bagus dapat menyebabkan air menyelinap masuk kedalam, apalagi bila anda mencuci motor dengan "cuci steam" yang mempunyai tekanan air yang kuat, itu akan membantu air menyelinap kedalam tangki. Kedua, lubang ventilasi udara yang terdapat di tutup tanki juga dapat dimasuki oleh air. Ketiga, uap udara luar yang mempunyai unsur hidrogen (H) itu dapat terperangkap di dalam tanki, embun yang biasanya terjadi di dedaunan pohon di pagi hari, ternyata dapat pula terjadi di tanki motor anda. Lama kelamaan embun itu menjadi banyak kalo tidak dikeluarkan, sehingga H2O yang terperangkap tadi berkumpul menjadi banyak dan mengendap di dasar tanki. Keempat, ini memang ketebalan plat tanki Honda Tiger itu tipis, dan saya pikir terlalu tipis seperti kaleng kerupuk, jadi gampang keropos.

Itulah sebabnya air masuk kedalam tanki dan tanki cepat keropos. Untuk mengatasinya gampang, hanya rawatlah Honda Street Fighter anda, itu saja. Lebih detailnya jaga agar jangan sampai air masuk menyelinap kedalam tanki lewat tutup tanki. Isilah bensin penuh agar ruang untuk embun jadi semakin sedikit, dan kalau bensin penuh ga perlu khawatir untuk kehabisan bensin. "Bagaimana cara mengatasi plat tanki yang tipis?" jawabannya : "terima saja apa adanya, bawaan lahir dari pabrik sih!"
Nah, anda dapat menguras tanki 6 bulan sekali atau seperlunya saja untuk menjaga agar karat dalam tanki tidak memperparah keadaan tanki, dan untuk mengeluarkan endapan kotoran yang ada dalam tanki. Hati hati, endapan tersebut dapat menutup dan mengotori saringan bensin yang letaknya ada di dalam tanki.
Bila keropos sudah parah, "wayah na wee.." harus ganti tanki baru seperti saya (tapi saya tidak sampai bocor)
Tapi kalau masih bocor halus/kecil dapat diatasi dengan cara mengoleskan sabun colek di wilayah yang bocor, cara ini cukup jitu, tapi kalau motor di cuci, ya mau tidak mau harus di oles lagi. Dari pengalaman saya selagi menguras tanki, saya terkejut melihat endapan air dan kotoran yang bercampur karat dari plat besi tanki yang banyak. Tanki motor pun menjadi berkarat, hanya saja belum bocor. Bensin sisa yang sudah terkontaminasi endapan, baiknya jangan dimasukkan lagi kedalam tanki, isi dengan bensin yang bersih. Bensin yang terkontaminasi tsb. dapat digunakan kembali untuk mencuci bagian yang kotor di luar tanki, karena menurut saya cukup efektif.

Untuk pengguna Honda Mega Pro yang mempunyai "penyakit" yang sama dapat melakukan hal serupa untuk merawat tanki motor anda. Selamat mencoba!!

Ada pula cara yg cukup murah yaitu dengan mengganjal tutup tangki dengan karet tutup tangki vespa, harganya cukup murah cukup 4500 saja per buah.

Setelah terbeli pasang karet tersebut di samping lubang pengisian tangki, jika kurang tebal bisa dipasang dua karet. Dengan begini karet tangki kembali rapet sehingga air tidak bisa masuk ke tangki.


Tambahan dari TS:

Sebenarnya pabrik sendiri telah menyadari hal itu. sehingga di bawah kran tangki dibuat tempat untuk pembuangan air yang bisa dilepas. Rajin lah mengontrol tempat pembuangan air itu secara rutin agar resiko keropos karena air bisa diminimalisasi...




Follow On Twitter